BeritaBisnisNasional

VIRAL! ADB Akan Suntik Mati PLTU Pertama di Cirebon dengan Pendanaan

38
×

VIRAL! ADB Akan Suntik Mati PLTU Pertama di Cirebon dengan Pendanaan

Share this article
Gambar PLTU Suralaya di Cilegon, Banten, Indonesia.
Gambar PLTU Suralaya di Cilegon, Banten, Indonesia.

SULUTVIRAL.COM – Asian Development Bank (ADB) akan meluncurkan proyek pertama di Indonesia untuk program pensiun dini Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) batu bara. Hal ini membuka peluang bagi negara-negara di Asia, termasuk Indonesia, untuk memanfaatkan dana dari ADB untuk program pensiun dini PLTU di dalam negeri.

Warren Evans, Penasihat Iklim Senior ADB, mengatakan bahwa negosiasi mengenai proyek PLTU Cirebon-1 di Indonesia sedang berlangsung sesuai jadwal. Dia juga mengungkapkan bahwa pembicaraan sedang berlangsung untuk meluncurkan proyek serupa di Filipina dan Vietnam.

ADB akan menggunakan modal swasta dan publik untuk membiayai investasi kembali pada PLTU batu bara, yang akan memungkinkan perjanjian jual beli listrik dipersingkat dan pembangkit listrik ditutup satu dekade lebih awal dari yang direncanakan.

Warren Evans menyatakan bahwa jika berhasil di negara-negara yang sedang berdiskusi dengan ADB, pengurangan emisi CO2 dari pembangkit listrik batu bara dapat mencapai 50%, sehingga menjadikannya sebagai inisiatif dekarbonisasi terbesar di dunia.

ADB telah meluncurkan Fasilitas Pembiayaan Inovatif untuk Iklim di Asia dan Pasifik (IF-CAP), yang mendukung penyaluran modal miliaran dolar untuk pinjaman proyek-proyek perubahan iklim di wilayah tersebut.

Evans juga menekankan perlunya lebih banyak pendanaan konsesi dan hibah untuk membantu masyarakat miskin beradaptasi dengan perubahan iklim.

Sulut Viral Grup