BeritaPolitik

VIRAL! Apakah Indonesia Telah Merdeka? Ini Jawaban dari Anies Baswedan

38
×

VIRAL! Apakah Indonesia Telah Merdeka? Ini Jawaban dari Anies Baswedan

Share this article
Anies Baswedan, calon presiden dari Koalisi Perubahan, merespons pertanyaan generasi Z dan milenial di Makassar pada Sabtu, 23 September 2023.
Anies Baswedan, calon presiden dari Koalisi Perubahan, merespons pertanyaan generasi Z dan milenial di Makassar pada Sabtu, 23 September 2023.

SULUTVIRAL.COM – Calon presiden dari koalisi perubahan, Anies Baswedan, mengundang orang untuk bersyukur atas kemajuan yang telah dicapai saat ini. Menurutnya, beberapa aspek sudah mengalami perkembangan, sementara yang lain masih perlu diperbaiki.

Pernyataan ini disampaikan oleh Anies ketika dia menjawab pertanyaan dari generasi Z dan milenial dalam acara Gen Z Sulsel Ketemu dan Menguji Anies Baswedan (GASSKANMI) di Makassar pada Sabtu malam, 23 September 2023. Salah satu mahasiswa dari Universitas Muslim Indonesia, Sheila, mengajukan pertanyaan tentang apakah Indonesia sudah merdeka.

Anies bertanya kepada mahasiswa tersebut, “Apakah kemerdekaan berarti tanpa kesulitan, atau apakah kesulitan berarti kita belum merdeka?” dalam merespons pernyataan mahasiswa yang menyatakan bahwa Indonesia belum merdeka karena masih menghadapi kesulitan.

Acara GASSKANMI ini dihadiri oleh ribuan peserta, termasuk generasi Z dan milenial, serta banyak orang di luar kelompok tersebut yang juga berpartisipasi dalam acara tersebut. Mereka tampak antusias menyambut kedatangan Anies Baswedan.

Selain Anies Baswedan, acara ini juga dihadiri oleh calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari dapil Makassar, Tamsil Linrung. Kegiatan ini merupakan inisiatif dari MICE, Fomasita, dan Tamsil Linrung. Anies datang ke acara ini bersama dengan istri dan anak-anaknya.

Anies menyatakan bahwa kemerdekaan terkait dengan dua hal, yaitu mengakhiri kolonialisme dan menciptakan kesejahteraan. Menurutnya, yang pertama sudah berhasil tercapai dengan mengakhiri kolonialisme, namun tantangan yang belum selesai adalah menciptakan kesejahteraan. Dia mencatat bahwa saat Indonesia merdeka, penduduknya berjumlah 70 juta, sementara saat ini jumlah penduduknya mencapai 270 juta. Dia menekankan pentingnya bersyukur atas kemajuan yang telah dicapai, memperbaiki kekurangan, dan terus bekerja menuju kesejahteraan.

Anies juga mengingatkan agar tidak kehilangan rasa percaya diri. Dia mengutip pernyataan Bung Karno tentang ‘Beri Saya 10 Pemuda dan saya akan Guncangkan Dunia,’ yang disampaikan ketika tingkat buta huruf pemuda mencapai 95 persen. Menurut Anies, pernyataan tersebut mengajarkan bahwa percaya diri adalah kunci untuk kemajuan. Meskipun Indonesia telah merdeka selama 78 tahun dan memiliki banyak tugas yang harus diselesaikan, Anies mendorong untuk tetap percaya diri dan tidak memangkasnya.

Sulut Viral Grup