Berita

Cuaca Indonesia Hari Ini: Sebagian Cerah Berawan dan Sebagian Hujan Lebat

39
×

Cuaca Indonesia Hari Ini: Sebagian Cerah Berawan dan Sebagian Hujan Lebat

Share this article
Ilustrasi - Cuaca di Kota Medan beberapa waktu lalu. (Sc.Liputan6)
Ilustrasi - Cuaca di Kota Medan beberapa waktu lalu. (Sc.Liputan6)

SULUTVIRAL.COM – Prakiraan Cuaca BMKG: Kota-kota Besar di Indonesia, Sabtu 9 September 2023, Cuaca Berawan Pagi, Hujan dan Kabut di Beberapa Wilayah.

Pagi ini, cuaca berawan dominan di beberapa kota besar Indonesia, dengan potensi hujan, awan tebal, kabut, dan asap di beberapa tempat. Hujan petir terjadi di Jambi, Banjarmasin berawan dan berasap, kabut meliputi Pekanbaru, sementara Mamuju dan Pekanbaru mengalami hujan ringan.

Siang hari akan didominasi cuaca cerah berawan, kecuali beberapa wilayah seperti Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Ambon, Manokwari, Mamuju, dan Padang yang dapat mengalami hujan lebat.

Saat sore hingga malam tiba, BMKG memprediksi kabut asap di wilayah Jambi, sedangkan Kota Jayapura dan Medan mungkin akan mengalami hujan.

Inilah prakiraan cuaca Indonesia lengkap yang SULUTVIRAL.COM kutip dari situs resmi BMKG:

KotaPagiSiangMalam
Banda AcehCerahCerah BerawanCerah Berawan
DenpasarCerah BerawanCerah BerawanCerah Berawan
SerangCerahBerawanBerawan
BengkuluBerawan TebalCerah BerawanBerawan
YogyakartaCerah BerawanCerahCerah Berawan
Jakarta PusatBerawanCerah BerawanBerawan
GorontaloCerah BerawanCerah BerawanCerah
JambiHujan PetirBerawanAsap
BandungCerah BerawanCerah BerawanCerah Berawan
SemarangCerahCerahCerah Berawan
SurabayaCerahCerahCerah
PontianakCerah BerawanCerah BerawanBerawan
BanjarmasinAsapBerawanCerah Berawan
PalangkarayaBerawanBerawanBerawan
SamarindaCerah BerawanBerawanCerah Berawan
TarakanBerawanCerahCerah Berawan
Pangkal PinangBerawanHujan RinganCerah Berawan
Tanjung PinangBerawanHujan RinganBerawan
Bandar LampungBerawanBerawanBerawan
AmbonBerawanHujan RinganBerawan
TernateCerah BerawanBerawan TebalBerawan
MataramCerah BerawanCerah BerawanCerah Berawan
KupangCerahCerah BerawanCerah Berawan
Kota JayapuraBerawanBerawanHujan Ringan
ManokwariBerawanHujan SedangBerawan
PekanbaruKabutBerawanCerah Berawan
MamujuHujan RinganHujan RinganBerawan
MakassarCerahCerahBerawan
KendariCerahCerah BerawanCerah Berawan
ManadoCerah BerawanCerah BerawanCerah Berawan
PadangHujan RinganHujan LebatBerawan
PalembangBerawanCerah BerawanCerah Berawan
MedanBerawanHujan RinganHujan Sedang
Demikianlah prakiraan cuaca untuk beberapa kota besar di Indonesia pada tanggal 9 September 2023.

BMKG Prediksi Permulaan Musim Hujan di Indonesia pada Bulan November 2023

Cuaca cerah menghiasi Jakarta pada tanggal 1 Desember 2020, dengan langit biru yang mempercantik lanskap perkotaan. Menurut BMKG, kualitas udara Jakarta telah membaik dalam dua pekan terakhir, karena kota ini mengalami hujan deras dan angin kencang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah meramalkan bahwa musim hujan di Indonesia diperkirakan akan dimulai pada bulan November 2023. Awal musim hujan ini juga diharapkan akan mengakhiri masa kekeringan yang dipengaruhi oleh fenomena El Nino.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menyatakan dalam konferensi pers daring bahwa secara umum, awal musim hujan diprediksi akan terjadi pada November 2023. Namun, ia menjelaskan bahwa awal musim hujan akan berlangsung secara bertahap karena variasi iklim yang tinggi di seluruh Indonesia.

Dwikorita mengungkapkan, “Karena keragaman iklim yang tinggi di Indonesia, awal musim hujan tidak akan terjadi secara serentak di seluruh wilayah.” Saat ini, beberapa zona musim hujan sudah terkonfirmasi, seperti di sebagian besar Aceh, sebagian besar Sumatera Utara, sebagian Riau, Sumatera Barat bagian tengah, dan sebagian kecil Kepulauan Riau.

Pada bulan Oktober mendatang, awal musim hujan diperkirakan akan mencapai beberapa wilayah, termasuk Jambi, Sumatera Selatan bagian utara, Jawa Tengah bagian selatan, sebagian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian barat, dan sebagian besar Kalimantan Timur.

Selanjutnya, pada bulan November 2023, awal musim hujan diharapkan tiba di berbagai wilayah, termasuk Sumatera Selatan, Lampung, sebagian besar Banten, Jakarta, Jawa Barat, sebagian besar Jawa Tengah, sebagian Jawa Timur, Bali, sebagian kecil NTB, sebagian kecil NTT, Sulawesi Utara, Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian besar Sulawesi Selatan, Maluku Utara bagian utara, dan Papua Selatan bagian selatan.

Musim hujan di Jawa Timur hingga NTT Mulai Desember 2023

Warga Jakarta melintasi hujan deras di Jalan Sudirman pada 9 Desember 2022. Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, akan meninjau penerapan kerja dari rumah (WFH) sehubungan dengan peringatan Presiden Joko Widodo tentang cuaca ekstrem di akhir 2022.

Pada saat yang sama, prakiraan awal musim hujan di wilayah Jawa Timur bagian utara, sebagian besar Nusa Tenggara Barat (NTB), sebagian besar Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, dan sebagian besar Sulawesi Tenggara diproyeksikan akan terjadi pada bulan Desember 2023.

Menurut Dwikorita, secara perlahan musim hujan ini akan mencakup hampir seluruh wilayah Indonesia dalam rentang waktu Maret hingga April 2024. Dia juga menjelaskan bahwa awal musim hujan biasanya terkait erat dengan peralihan angin dari arah timur, yaitu angin yang berasal dari Australia atau yang dikenal sebagai Monsun Australia, yang akan berubah menjadi angin dari arah barat atau Monsun Asia, yaitu angin yang datang dari daratan Asia.

“Saat ini, pengaruh utama adalah angin dari Australia, yang berasal dari gurun di Australia yang saat ini sedang mengalami musim dingin dan kering. Insyaallah, angin ini akan segera digantikan oleh angin yang berasal dari daratan Asia,” ujar Dwikorita.

Sulut Viral Grup