BeritaViral

VIRAL! Kebakaran Hutan Indonesia: Kabut Asap Memengaruhi Kualitas Udara Malaysia

34
×

VIRAL! Kebakaran Hutan Indonesia: Kabut Asap Memengaruhi Kualitas Udara Malaysia

Share this article
Bendera Malaysia.
Bendera Malaysia.

SULUTVIRAL.COM – Akhirnya, Malaysia mengeluarkan pernyataan terkait bencana di Indonesia yang disebabkan oleh kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan, yang menghasilkan kabut asap. Dalam pernyataannya, Malaysia menyatakan bahwa kualitas udara mereka telah memburuk karena kabut asap yang datang dari kebakaran hutan di bagian selatan Sumatera dan tengah-selatan Kalimantan, Indonesia.

Direktur Jenderal Departemen Lingkungan Hidup Malaysia, Wan Abdul Latiff Wan Jaffar, dengan tegas menyatakan bahwa situasi ini telah berdampak negatif pada kualitas udara di seluruh Malaysia. Dia juga merujuk pada citra satelit yang mendukung klaim tersebut, mencatat bahwa ada 52 titik api kebakaran hutan di Sumatera dan 264 titik di Kalimantan.

Pusat Meteorologi Khusus ASEAN (ASMC) yang berbasis di Singapura juga telah melaporkan dampak kabut asap yang berasal dari kebakaran hutan di Indonesia. Hal ini mencakup gangguan yang sama yang terjadi di Malaysia pada tahun 2019, ketika Malaysia terpaksa menutup ribuan sekolah akibat kabut asap.

Sebelumnya, Singapura juga telah mengungkapkan kekhawatirannya tentang kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan di Indonesia. Media Singapura seperti The Straits Times dan Reuters juga telah melaporkan situasi ini serta potensi cuaca kering di Sumatra yang dapat memperburuk kondisi.

Namun, Menteri Lingkungan Hidup Indonesia membantah klaim mengenai adanya kabut asap yang melintasi batas negara dan menyatakan bahwa tidak ada kabut asap yang menyebar ke negara lain.

Sulut Viral Grup