BeritaBisnisBitungSulut

Kalangan Perikanan Sulut Mengapresiasi Direct Call Antara Pelabuhan Bitung dan Shanghai, China

43
×

Kalangan Perikanan Sulut Mengapresiasi Direct Call Antara Pelabuhan Bitung dan Shanghai, China

Share this article
Pertemuan Bahas Direct Call di Kantor Pemprov Sulut
Pertemuan Bahas Direct Call di Kantor Pemprov Sulut

SULUTVIRAL.COM – Rencana pelaksanaan Direct Call antara Pelabuhan Bitung dan Shanghai, Cina pada akhir Oktober 2023 mendapat sambutan hangat dari komunitas perikanan di Sulawesi Utara.

Kepala Dinas Perikanan Sulut, Tinneke Adam, menyatakan bahwa ini adalah hal yang telah lama dinanti oleh pihaknya. Dia menjelaskan bahwa Sulut memiliki potensi ekspor perikanan yang sangat melimpah, termasuk ikan tuna, rumput laut, dan udang. Saat ini, pihaknya tengah berupaya untuk memenuhi standar kualitas internasional.

Setelah sukses dalam hal penerbangan, rencana Direct Call ini akan melibatkan pelayaran langsung dari Pelabuhan Bitung ke Shanghai, Cina, yang dijadwalkan akan terlaksana pada akhir Oktober 2023. Hal ini merupakan bagian dari upaya Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw untuk mewujudkan visi Sulut sebagai “bibir Pasifik” seperti yang digagas oleh Doktor Samratulangi.

Pada tanggal 3 Oktober 2023, dilakukan rapat teknis pembahasan mengenai rencana pelayaran langsung ini di kantor Pemprov Sulut. Rapat tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sulawesi Bagian Utara (Kakanwil DJBC Sulbagtara) Erwin Situmorang, Pelindo, dan perwakilan dari perusahaan SITC dari Cina.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Daniel Mewengkang, yang mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey, memimpin rapat tersebut. Semua pihak dalam rapat menyambut rencana pelayaran ini dengan antusiasme dan keyakinan bahwa ini akan menjadi kesuksesan seperti halnya rute penerbangan langsung dari Manado ke Cina.

Daniel juga mengungkapkan bahwa perusahaan pelayaran SITC dari Cina akan membuka kantor perwakilan di Sulut.

Sulut Viral Grup