BeritaSulut

VIRAL! Gempa M 5,1 Guncang Melonguane, Sulawesi Utara, Tanpa Potensi Tsunami

89
×

VIRAL! Gempa M 5,1 Guncang Melonguane, Sulawesi Utara, Tanpa Potensi Tsunami

Share this article
Ilustrasi.
Ilustrasi.

SULUTVIRAL.COM – Pada Kamis, 5 Oktober 2023, BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) merilis informasi tentang gempa bumi yang terjadi di wilayah Kecamatan Melonguane, Sulawesi Utara. Gempa ini memiliki kekuatan magnitudo 5,1 dan terjadi pada pukul 10.38 WIB. BMKG menyatakan bahwa gempa ini tidak memiliki potensi untuk memicu tsunami.

Meskipun demikian, masyarakat diharapkan tetap waspada terhadap kemungkinan gempa susulan. Data yang diunggah oleh BMKG di Twitter, menunjukkan bahwa gempa ini memiliki magnitudo 5.1 SR dan terletak di koordinat 4.27 LU, 125.94 BT, dengan kedalaman 92 kilometer. BMKG kembali menegaskan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Dalam catatan penting, informasi tersebut bersifat cepat dan hasil pemantauan masih bisa berubah seiring dengan kelengkapan data yang lebih lanjut. BMKG juga memberikan panduan tingkat keparahan getaran gempa (MMI) sebagai referensi, mulai dari tingkat I hingga tingkat XII, dengan tingkat XII merupakan kerusakan paling parah.

Dalam tingkat MMI, tingkat keparahan gempa berkisar dari tidak dirasakan hingga kerusakan parah pada bangunan dan lingkungan sekitar. Gempa ini adalah peringatan bagi warga untuk tetap waspada terhadap potensi gempa susulan yang mungkin terjadi.

Sulut Viral Grup