Berita

VIRAL! Seperti Green Card USA, Apa Itu Program Golden Visa Indonesia?”

53
×

VIRAL! Seperti Green Card USA, Apa Itu Program Golden Visa Indonesia?”

Share this article
Dirjen Imigrasi akan mengeluarkan golden visa bagi WNA yang ingin tinggal di Indonesia.
Dirjen Imigrasi akan mengeluarkan golden visa bagi WNA yang ingin tinggal di Indonesia.

SULUTVIRAL.COM – Akhirnya, Presiden Jokowi telah menyetujui program Golden Visa untuk menarik minat investor asing ke Indonesia. Samuel Altman, CEO ChatGPT, menjadi orang pertama yang diberikan Golden Visa oleh pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Imigrasi.

Pemberian Golden Visa kepada Sam Altman telah secara resmi disahkan dan ditandatangani oleh Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim. Langkah ini diharapkan dapat menggairahkan investasi di Indonesia, terutama dari pemilik perusahaan kecerdasan buatan (AI).

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, menjelaskan alasan di balik pemberian Golden Visa kepada Samuel Altman. Menurut Luhut, Golden Visa akan diberikan kepada individu asing yang memiliki pengaruh dan bersedia berinvestasi di Indonesia.

“Kami akan memberikan Golden Visa kepada individu yang berpengaruh, seperti Sam Altman, CEO ChatGPT. Kami yakin dia akan sering mengunjungi Indonesia,” ungkap Luhut pada awal Agustus 2023.

Namun, apa sebenarnya Golden Visa ini? Mari kita bahas lebih lanjut.

Berdasarkan situs resmi setkab.go.id, Golden Visa adalah kebijakan baru dari pemerintah Indonesia untuk warga negara asing (WNA) yang ingin tinggal di Indonesia.

Sebelumnya, WNA yang ingin tinggal di Indonesia harus memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) dengan masa berlaku 2 tahun. Tetapi sekarang, bagi WNA yang berkeinginan berinvestasi dan tinggal di Indonesia, mereka dapat mengajukan Golden Visa dengan masa berlaku 5 tahun atau 10 tahun.

Masa berlaku Golden Visa ini mirip dengan Green Card di Amerika Serikat, tetapi Golden Visa ditujukan untuk investor perorangan hingga korporasi.

Selain itu, calon investor juga diharuskan untuk melakukan investasi minimal. Investasi minimalnya dimulai dari Rp 5,3 miliar untuk investor individu, dan Rp 760 miliar untuk investor korporasi atau perusahaan.

Pemegang Golden Visa akan mendapatkan beberapa keuntungan. Ini termasuk prosedur dan persyaratan visa yang lebih mudah dan cepat, multiple entries, jangka waktu tinggal yang lebih lama, hak memiliki aset sesuai undang-undang, dan prioritas dalam pengajuan perpindahan kewarganegaraan.

Saat ini, pemerintah Indonesia masih dalam proses menyelaraskan penggunaan Golden Visa untuk WNA secara lebih luas. Namun, hingga saat ini, hanya Samuel Altman yang telah menerima Golden Visa Indonesia.

Sulut Viral Grup