BeritaSulut

VIRAL! Warga Diminta Waspada Meski Guguran Lava Turun di Gunung Karangetang, Sulut

39
×

VIRAL! Warga Diminta Waspada Meski Guguran Lava Turun di Gunung Karangetang, Sulut

Share this article
PGA Ingatkan Warga Patuhi Radius Bahaya Gunung Karangetang Meski Lava Turun.
PGA Ingatkan Warga Patuhi Radius Bahaya Gunung Karangetang Meski Lava Turun.

SULUTVIRAL.COM – Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) di Gunung Karangetang, Sulawesi Utara, mengingatkan warga untuk tetap waspada, meskipun aktivitas guguran lava dari puncak gunung telah menurun.

Menurut Ketua Pos PGA Karangetang, Yudia P Tatipang, warga harus tetap berhati-hati terhadap kemungkinan ancaman seperti awan panas atau banjir material vulkanik dari sungai yang berhulu di puncak kawah gunung.

Meskipun gempa guguran dari gunung biasanya terjadi beberapa kali setiap enam jam, saat ini jumlah gempa guguran telah menurun dibandingkan dengan waktu sebelumnya.

Yudia menjelaskan bahwa status Gunung Karangetang masih berada pada level tiga siaga. Oleh karena itu, warga diminta untuk mematuhi rekomendasi dari PVMBG, yang melarang pendekatan, pendakian, atau aktivitas di zona berbahaya dengan radius 2,5 km dari puncak kawah dua dan kawah utama gunung, serta zona perluasan ke arah barat daya, selatan, tenggara sejauh 3,5 kilometer.

Selain itu, perlu waspada terhadap potensi guguran lava dan awan panas guguran yang dapat terjadi sewaktu-waktu, terutama di sektor selatan, tenggara, barat, dan barat daya, karena material lava sebelumnya belum stabil dan bisa runtuh.

Yudia juga mengingatkan masyarakat yang tinggal di sekitar sungai yang bermuara dari Gunung Karangetang untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi lahar hujan dan banjir bandang yang dapat mengalir hingga ke pantai.

Sulut Viral Grup