Berita

VIRAL! Pujian IMF dan Bank Dunia Terhadap Indonesia Karena Prestasinya dalam Hal Ini

45
×

VIRAL! Pujian IMF dan Bank Dunia Terhadap Indonesia Karena Prestasinya dalam Hal Ini

Share this article
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam Economic Update di Program Power Lunch yang berlangsung
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam Economic Update di Program Power Lunch yang berlangsung

SULUTVIRAL.COM – Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, mengklaim bahwa Indonesia telah mendapat banyak pengakuan karena berhasil pulih secara cepat setelah pandemi Covid-19. Dia menyatakan bahwa meskipun Indonesia juga terkena dampak pandemi, pemulihan ekonominya lebih cepat dibandingkan dengan banyak negara lain di dunia.

Suahasil mengatakan bahwa sebagian besar negara masih menghadapi defisit ekonomi yang lebih dalam dan kesulitan untuk pulih sepenuhnya. Namun, Indonesia berhasil menjaga agar defisit ekonominya tidak terlalu dalam. Menurutnya, dalam waktu singkat setelah pandemi, pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah kembali melebihi 5%.

Dia menjelaskan bahwa selama pandemi Covid-19, pemerintah menerapkan kebijakan APBN konsolidatif, yang berarti mereka tetap mempertahankan defisit APBN tetapi menguranginya secara bertahap. Melalui kebijakan ini, pemerintah berhasil mengurangi defisit menjadi 2,4% dari Produk Domestik Bruto. Suahasil menekankan bahwa langkah-langkah ini memungkinkan Indonesia untuk mengurangi defisit lebih cepat dari yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Dia juga menyoroti bahwa Indonesia telah mendapatkan banyak pujian, termasuk dari Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia, karena prestasinya dalam mengatasi dampak ekonomi pandemi. Pujian tersebut juga terdengar selama Konferensi Tingkat Tinggi Asean 2023 yang saat ini sedang berlangsung di Jakarta. Menurutnya, sejumlah negara Asean melihat Indonesia sebagai harapan dalam situasi dunia yang masih tertekan ekonominya.

Sulut Viral Grup