BeritaBudayaDaerahMinahasa Utara

Jawab Kerinduan Menparekraf, Panitia Kelana Desa Wisata Talawaan Dikukuh Hari Ini

420
×

Jawab Kerinduan Menparekraf, Panitia Kelana Desa Wisata Talawaan Dikukuh Hari Ini

Share this article
Kelana Desa Wisata Talawaan
Panitian Kelana Desa Wisata Talawaan 2023

Minut,SULUTVIRAL.COM– Sesuai kerinduan Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno sewaktu berkunjung di Minahasa Utara,(9/8/2023), dalam rangka sosialisasi program Kelana Nusantara. Uno mendorong agar ada Desa berani bersatu padu inovatif dan kreatif dalam mengemas daya tarik wisatawan.

Arahan itu disambut baik oleh Tim Tunan Kreatif (Pelaku UMKM bidang Jasa Kreatif Desa), kemudian di dukung penuh oleh pemerintah Kecamatan Talawan dan Hukum Tua Desa Talawaan.

Demi keberhasilan dan kemeriahan event Desa, Homestay The Chapel yang letaknya tepat berada di Desa Talawaan pun ikut mendorong percepatan rencana kegiatan.

Tujuan mulia itu, akhirnya terbentuklah panitia yang di dalamnya adalah kolaborasi antara pelaku usaha, anak muda, organisasi desa dan pemerintah setempat.

“Sebagai Pemerintah Kecamatan, Kegiatan ini harus disambut baik, dan perlu dibuat menarik” Sambut Camat Kec. Talawaan,¬†Alexander C. L. Warbung, SIP, mendukung rencana kegiatan.

Pengukuhuhan disaksikan langsung oleh Pak Camat Kec. Talawaan, Hukum Tua Desa Talawaan dan Staf khusus bidang Percepatan kualitas pariwisata Sulawesi Utara.

“Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi daya tarik positif bagi wisatawan, menyadari kelebihan dan keindahan desa talawaan” Ucap Ketua Panitian, Vico Judi Saputra, SH, M.Ec.Dev

Harapan itu direspon baik Hukum Tua Desa Talawaan, Recky S.F. Sumampow. Baginya kegiatan ini wujud kolaborasi positif yang perlu didukung demi kemajuan desa.

“Saya sangat mengapresiasi rencana kegiatan ini, kerinduan untuk berkolaborasi membangun desa wisata mulai terwujud, kita seriusi bersama”, Sambung Hukum Tua yang energik itu, Rabu,(5/9/2023).

Motif Kegiatan:

Desa Talawaan, yang terletak di Kecamatan Talawaan, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, dikenal memiliki pesona alam yang memukau dan warisan budaya yang kaya.

Namun, sayangnya, keindahan dan potensi desa ini belum sepenuhnya dimanfaatkan untuk kepentingan
pariwisata dan pengembangan ekonomi lokal.

Dalam upaya untuk mengangkat potensi desa ini dan memperkenalkannya kepada Masyarakat luas, kami dengan penuh semangat mempersembahkan event bertema “The Chapel: Kelana Desa Wisata Talawaan.
Event “The Chapel” bertujuan untuk menghadirkan pengalaman unik kepada pengunjung, memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang budaya lokal, serta mempromosikan keindahan alam dan kearifan lokal yang dimiliki oleh Desa Talawaan. Latar belakang event ini adalah sebagai
berikut:

  1. Potensi Pariwisata yang Tersembunyi: Desa Talawaan adalah sebuah permata tersembunyi yang memiliki air terjun tunan dibungus hutan tropis yang eksotis, serta beragam situs budaya dan sejarah. Potensi ini belum sepenuhnya dimanfaatkan untuk mendukung pengembangan
    desa secara berkelanjutan.
  2. Pentingnya Pemberdayaan Ekonomi Lokal: Dengan menggelar event “The Chapel,” kami ingin memberikan peluang kepada warga lokal untuk mengembangkan bisnis mereka, seperti kerajinan tangan, makanan lokal, dan layanan wisata, sehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi desa.
  3. Promosi Kelestarian Lingkungan: Event ini juga diarahkan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan alam sekitar. Kami berkomitmen untuk menjalankan event ini dengan memperhatikan prinsip-prinsip keberlanjutan dan menjaga keaslian
    alam desa.
  4. Pengenalan Budaya Lokal: Melalui event ini, kami ingin memperkenalkan budaya, seni, dan tradisi Desa Talawaan kepada pengunjung, serta memberikan kesempatan bagi warga desa untuk
    berbagi warisan budaya mereka.
  5. Mengajak Para Sponsor untuk Bersama-sama Mendukung: Dalam rangka mewujudkan event ini dengan sukses, kami mengundang berbagai pihak, termasuk calon sponsor, untuk turut serta dalam
    mendukung dan mempromosikan event “The Chapel.” Kolaborasi dengan sponsor sangat penting dalam memastikan keberhasilan acara ini dan dalam membantu mengangkat Desa Talawaan sebagai destinasi wisata yang menarik.

    Dengan demikian, event “The Chapel: Kelana Desa Wisata Talawaan” tidak hanya menjadi sebuah acara, tetapi juga menjadi perwujudan semangat untuk memajukan ekonomi lokal, memperkenalkan budaya dan keindahan alam desa, serta memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi
    masyarakat Desa Talawaan dan seluruh komunitas yang terlibat. Kami mengundang para potensial sponsor untuk bergabung dalam perjalanan ini untuk bersama-sama membangun dan memajukan Desa Talawaan sebagai destinasi wisata yang istimewa.
    (HK)
Sulut Viral Grup