BeritaSulut

VIRAL! Kepala BPS: Kemiskinan Kota Manado 5,84%, IPM Sulut Tertinggi

31
×

VIRAL! Kepala BPS: Kemiskinan Kota Manado 5,84%, IPM Sulut Tertinggi

Share this article
Jembatan Soekarno.
Jembatan Soekarno.

SULUTVIRAL.COM – Pada tahun 2022, Kota Manado memiliki total penduduk sebanyak 454.606 orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 5,84 persen atau sekitar 25.380 orang masuk dalam kategori miskin. Angka ini berbeda dengan klaim dari sumber lain yang menyebutkan angka kemiskinan sebesar 25 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik Kota Manado, Ir. Novri Mokoagouw, menjelaskan bahwa angka kemiskinan yang tinggi ini sebagian besar disebabkan oleh jumlah penduduk Kota Manado yang besar. Namun, jika dilihat dari persentase, tingkat kemiskinan di Kota Manado masih lebih rendah dibandingkan dengan beberapa daerah lain di Provinsi Sulawesi Utara.

Selain itu, Mokoagouw mengatakan bahwa angka kemiskinan ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, yaitu sekitar 1.401 orang. Ini adalah hasil dari kebijakan pemerintah yang berhasil mengurangi tingkat kemiskinan di Kota Manado. Keberhasilan ini juga mencerminkan tingginya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Manado, yang mencapai 79,66, menjadi yang tertinggi di Sulawesi Utara dan bahkan melebihi IPM nasional.

Sulut Viral Grup