BeritaNasionalPolitik

VIRAL! Jokowi Membuka Gala Dinner KTT AIS Forum di Bali

37
×

VIRAL! Jokowi Membuka Gala Dinner KTT AIS Forum di Bali

Share this article
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan amanat dalam peringatan HUT ke-78 TNI di Monas, Jakarta, pada Kamis, 5 Oktober.
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan amanat dalam peringatan HUT ke-78 TNI di Monas, Jakarta, pada Kamis, 5 Oktober.

SULUTVIRAL.COM – Presiden Joko Widodo hadir dalam acara Gala Dinner Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island State Forum di Bali pada Selasa (10/10/2023). Jokowi menghadiri jamuan makan malam resmi bersama para pemimpin dan delegasi negara-negara kepulauan serta organisasi internasional. Dalam pernyataan dari Sekretariat Presiden, Jokowi menyambut kedatangan sejumlah kepala negara dan delegasi yang mulai tiba sekitar pukul 17.50 WIB.

“Selamat datang di Bali dan selamat datang di Indonesia untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi pertama dalam gala dinner KTT AIS Forum,” ucap Jokowi dalam sambutannya.

Dia menjelaskan bahwa Forum ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara negara-negara kepulauan dan antar negara.

“Alasan diadakannya forum ini adalah karena laut adalah bagian integral dari kehidupan kita, dan lautan merupakan elemen yang menghubungkan kita semua. Lautan juga menyediakan berbagai sumber daya yang harus kita kelola dengan tanggung jawab,” kata Jokowi.

Menurut informasi dari Kemenko Marves, ada 21 negara yang berpartisipasi dalam forum ini, yang dihadiri oleh kepala negara dan perwakilan tingkat tinggi.

Lima kepala negara yang hadir secara langsung adalah Presiden Micronesia, Perdana Menteri Niue, Perdana Menteri São Tomé and Príncipe, Perdana Menteri Timor-Leste, dan Perdana Tuvalu. Sementara itu, Fiji dan Tonga mengirimkan Deputi Perdana Menteri. Delapan negara mengirimkan menteri mereka, termasuk Maladewa, Marshall Islands, Palau, Seychelles, Singapura, Solomon Islands, Sri Lanka, dan Papua Nugini.

Sebanyak tiga negara mengirimkan pejabat setingkat Wakil Menteri, Direktur Jenderal, atau Sekretaris Jenderal, yaitu Cabo Verde, Selandia Baru, dan Madagaskar. Kemudian, 11 negara mengirimkan Duta Besar mereka, termasuk Irlandia, Jepang, Siprus, Samoa, Malta, Inggris, Saint Lucia, Cook Island, Filipina, Suriname, dan Bahrain.

Empat organisasi internasional juga mengirimkan perwakilannya, yaitu Kelompok Kerja Sama Negara Melanesia (MSG), Forum Negara Kepulauan Pasifik (PIF), Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN), dan Badan Program Pembangunan PBB (UNDP).

Untuk informasi tambahan, besok Jokowi dijadwalkan untuk membuka KTT AIS Forum 2023 yang akan diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Center.

Sulut Viral Grup