BeritaNasionalPendidikan

VIRAL! Nadiem: Perlu Lompatan Besar untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia

44
×

VIRAL! Nadiem: Perlu Lompatan Besar untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Share this article
Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mengenalkan Ide Kampus Merdeka.
Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mengenalkan Ide Kampus Merdeka.

SULUTVIRAL.COM – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, menggarisbawahi pentingnya perubahan besar dalam meningkatkan mutu pendidikan di negara tersebut. Dia mengungkapkan pandangan ini dalam acara Week of Indonesia-Netherlands Education and Research di Jakarta pada 10 Oktober 2023.

Nadiem mengklaim bahwa salah satu inisiatif besar pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah melalui Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar. Ini memberikan fleksibilitas bagi pendidik untuk menciptakan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan lingkungan siswa.

Selain itu, ia juga menekankan bahwa Kurikulum Merdeka membantu mempromosikan emansipasi siswa, memudahkan kolaborasi antara akademisi dan industri, dan menghasilkan solusi inovatif. Lebih dari 760 ribu mahasiswa diberikan kesempatan untuk belajar di luar kampus, baik melalui magang industri, berwirausaha, atau pertukaran pelajar.

Mendikbudristek juga telah merilis platform manajemen bagi universitas dan industri untuk mendukung penelitian bersama, yang telah mendanai lebih dari 2.000 proyek kolaboratif dalam berbagai bidang. Selain itu, pemerintah Indonesia telah memperkuat kerja sama internasional dalam pendidikan, termasuk melalui program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia untuk belajar di universitas di Belanda.

Dalam acara peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023, Nadiem Makarim juga menyampaikan pencapaian dalam transformasi pendidikan selama tiga tahun terakhir, dengan fokus pada program Merdeka Belajar yang mendekatkan pendidikan pada visi pendidikan yang lebih bermakna dan inklusif.

Sulut Viral Grup