BeritamanadoSulut

VIRAL! BPN Berharap Target PTSL di Manado Dapat Terpenuhi

41
×

VIRAL! BPN Berharap Target PTSL di Manado Dapat Terpenuhi

Share this article
Alexander Wowiling, Kepala BPN Manado, di Manado pada hari Minggu, 24 September 2023.
Alexander Wowiling, Kepala BPN Manado, di Manado pada hari Minggu, 24 September 2023.

SULUTVIRAL.COM – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kota Manado memiliki keyakinan tinggi bahwa target program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), akan tercapai hingga akhir tahun 2023.

Menurut Kepala BPN Manado, Alexander Wowiling, saat ini jumlah masyarakat yang telah mengajukan berkas untuk program PTSL masih sekitar 300, yang merupakan sekitar 40 persen dari target awal sebanyak 800 bidang tanah. Awalnya, BPN Manado hanya berfokus pada warga di Kecamatan Mapanget dan Molas, namun seiring berjalannya waktu hingga bulan September, mereka telah membuka program ini untuk seluruh Kota Manado.

Target PTSL di Manado tahun ini mengalami peningkatan drastis, yaitu sebesar 1.500 persen dibandingkan dengan tahun 2022 yang hanya mencapai 50 bidang tanah. Alexander menyatakan bahwa mencapai target ini memerlukan kerja keras, dan harapannya adalah setiap bidang tanah di Kota Manado akan mendapatkan sertifikat.

Dia juga menjelaskan bahwa percepatan program PTSL merupakan langkah penting karena bertujuan memberikan kepastian hukum kepada masyarakat. Selain itu, hal ini juga berdampak pada hak ekonomi masyarakat, termasuk dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar seperti sandang, papan, dan pangan, yang menjadi hak dasar yang harus dijamin melalui pemberian kepastian hukum.

Sulut Viral Grup