BeritamanadoSulut

VIRAL! Optimalkan Kelistrikan SulutGo: PLTU Sulawesi Utara-1 Sukses Hydrotest Boiler

58
×

VIRAL! Optimalkan Kelistrikan SulutGo: PLTU Sulawesi Utara-1 Sukses Hydrotest Boiler

Share this article
Pada awal pekan ini, PLTU Sulut-1 di Binjeita telah berhasil melewati uji hydrotest boiler.
Pada awal pekan ini, PLTU Sulut-1 di Binjeita telah berhasil melewati uji hydrotest boiler.

SULUTVIRAL.COM – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi telah berhasil melewati tahap uji Boiler Hydrostatic Test (BHT) untuk Unit 2 PLTU Sulut-1. Proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sulut-1 dengan kapasitas 2×25 Megawatt (MW) ini berlokasi di Desa Binjeita 2, Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara. Pembangunan proyek yang dimulai pada tahun 2019 oleh PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Utara (UPP Sulut) telah mencapai progres sekitar 90% dan ditargetkan selesai pada tahun 2024.

Boiler merupakan komponen penting dalam PLTU karena menghasilkan uap untuk memutar turbin yang menghasilkan tenaga listrik. Pengujian Boiler Hydrostatic Test merupakan salah satu milestone penting dalam proyek ini, di mana dilakukan pengujian kekuatan dan kebocoran pada bejana tekan menggunakan fluida cair bertekanan tinggi. Proses pengujian ini dihadiri oleh perwakilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Utara, Harry F. Tania, yang bertindak sebagai inspector untuk memastikan kelayakan bejana tekan Boiler Unit 2 di PLTU Sulut-1.

Manager PLN UPP Sulut, Husni Wardana, menyatakan bahwa tahapan Hydrotest Boiler PLTU Sulut-1 telah sukses dan hasilnya memenuhi harapan. Namun, masih ada beberapa tahapan lain yang perlu diselesaikan sebelum pembangkit ini dapat beroperasi sepenuhnya. Harry F. Tania juga mengakui bahwa persiapan, prosedur, dan peralatan yang diperlukan telah dipenuhi dengan baik oleh PLN, dan hasilnya melebihi harapan mereka.

General Manager PLN UIP Sulawesi, Defiar Anis, menyatakan bahwa progres konstruksi PLTU Sulut-1 telah mencapai 90%, mendekati tahap pengoperasian. PLN berkomitmen untuk menyelesaikan proyek ini sesuai dengan Biaya, Mutu, dan Waktu yang ditetapkan, serta untuk memenuhi pertumbuhan kebutuhan kelistrikan dan mendukung perekonomian di Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Sulut Viral Grup