Berita

VIRAL! Daya Tarik Produk Perikanan Indonesia di Panggung Global

136
×

VIRAL! Daya Tarik Produk Perikanan Indonesia di Panggung Global

Share this article
Ilustrasi Perikanan Indoneisa.
Ilustrasi Perikanan Indoneisa.

SULUTVIRAL.COM – Indonesia menempati posisi kedua dalam daftar negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, mencapai 95.181 kilometer, dengan wilayah perairan seluas 5,8 juta kilometer persegi.

Lebih dari 70 persen wilayah Indonesia terdiri dari perairan, dengan sekitar 17.504 pulau yang tersebar di seluruhnya. Kondisi geografis ini mengakibatkan sebagian besar penduduk Indonesia mengandalkan hasil laut sebagai mata pencaharian utama mereka.

Dengan letaknya yang berada di segitiga terumbu karang, Indonesia diberkahi dengan kekayaan hayati laut yang luar biasa. Di Indonesia, terdapat lebih dari 2.000 jenis ikan karang yang bisa ditemui.

Pada tahun 2022, Kementerian Kelautan dan Perikanan mencatat bahwa produksi perikanan Indonesia mencapai 24,85 juta ton. Angka ini terbagi antara hasil perikanan budi daya sebanyak 16,87 juta ton dan perikanan tangkap sebanyak 7,99 juta ton.

Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) bahkan menyebut Indonesia sebagai negara kedua terbesar dalam produksi perikanan tangkap di dunia, setelah China.

Bahkan di tengah pandemi COVID-19 yang melanda dunia, nilai ekspor perikanan Indonesia pada tahun 2020 mengalami peningkatan sebesar 5,7 persen dibandingkan dengan tahun 2019.

Pada tahun tersebut, ekspor perikanan Indonesia mencapai 5,2 miliar dolar AS, dan angka ini terus meningkat hingga mencapai 6,24 miliar dolar AS pada tahun 2022.

Kekayaan biota laut yang beragam dan tingginya produksi perikanan membuat Indonesia menjadi negara yang mengesankan di kancah internasional.

Sulut Viral Grup