BeritaBisnisNasional

VIRAL! Sandiaga Uno: Penutupan TikTok Shop Untuk Melindungi Produk UMKM Indonesia

41
×

VIRAL! Sandiaga Uno: Penutupan TikTok Shop Untuk Melindungi Produk UMKM Indonesia

Share this article
Sandiaga Uno Berbicara di Ponpes Babakan Ciwaringin, Cirebon.
Sandiaga Uno Berbicara di Ponpes Babakan Ciwaringin, Cirebon.

SULUTVIRAL.COM – Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menganggap bahwa kebijakan pemerintah yang menutup fitur lokapasar pada platform TikTok Shop merupakan langkah untuk melindungi produk-produk Indonesia dan menciptakan persaingan yang sehat. Ia menekankan bahwa pemerintah selalu mendukung pelaku UMKM di Indonesia dan memberikan ruang bagi mereka untuk mengembangkan dan memasarkan produk secara konvensional maupun digital.

Menurut Sandiaga Uno, pelaku UMKM, khususnya di sektor ekonomi kreatif, perlu beradaptasi dengan perkembangan dunia digital. Untuk menciptakan persaingan pasar yang sehat, pemerintah membuat kebijakan agar produk UMKM dapat bersaing dan laku terjual dengan baik.

Ia juga menyebut bahwa TikTok telah berkomunikasi dengan pemerintah terkait regulasi yang mengakibatkan penutupan fitur lokapasar di platform tersebut, dan mereka akan mengikuti regulasi baru yang diberlakukan oleh pemerintah.

Di sisi lain, pakar ekonomi Yohanes Gunawan Wibowo dari Universitas Muhammadiyah Jember menyatakan bahwa penutupan sementara TikTok Shop berdampak positif pada ekosistem e-commerce, tercermin dalam peningkatan harga saham Bukalapak dan Tokopedia. Namun, ia juga menganggap bahwa platform digital tersebut kemungkinan akan kembali dengan cara yang berbeda dalam waktu yang akan datang.

Sulut Viral Grup