Berita

VIRAL! KTT ASEAN Jadi Momentum RI Pacu Inovasi & Ekosistem Digital

44
×

VIRAL! KTT ASEAN Jadi Momentum RI Pacu Inovasi & Ekosistem Digital

Share this article
Warga menyaksikan penampilan video mapping dengan tema KTT ASEAN 2023 di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta.
Warga menyaksikan penampilan video mapping dengan tema KTT ASEAN 2023 di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta.

SULUTVIRAL.COM – Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo), Nezar Patria, menyatakan bahwa Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN merupakan peluang bagi Indonesia untuk memperlihatkan kemajuan dalam sektor digitalnya. Nezar menganggap acara ini sebagai momen penting karena negara-negara tetangga telah mengakui kemajuan digital Indonesia.

Selama kepemimpinan Indonesia dalam ASEAN, negara ini memiliki potensi untuk menjadi pemimpin dalam memacu pertumbuhan sektor digital di wilayah tersebut. Nezar juga mencatat upaya untuk mendukung inovasi dan startup yang dapat beroperasi lintas regional, yang diyakini dapat menghasilkan inovasi dan membantu Indonesia menjadi pemimpin bukan hanya di wilayah ASEAN tetapi juga di tingkat internasional.

Pertumbuhan ekonomi dan kerja sama di antara negara-negara ASEAN dapat diperkuat melalui langkah-langkah ini. Indonesia, sebagai salah satu ekonomi terbesar di ASEAN, memiliki potensi ekonomi digital yang besar dengan tingkat penetrasi internet yang tinggi.

Indonesia memiliki penetrasi internet sebesar 78,19% pada tahun 2023, yang berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi digital di ASEAN. Dalam persentase, Indonesia menyumbang 40% dari total nilai transaksi ekonomi digital di wilayah ASEAN. Pertumbuhan ekonomi yang positif di Indonesia diharapkan dapat menjadi pendorong bagi pertumbuhan ekonomi digital di negara-negara ASEAN lainnya, memungkinkan pertumbuhan bersama, terutama dalam sektor ekonomi digital.

Tidak hanya Indonesia, ASEAN secara keseluruhan memiliki potensi besar sebagai pasar ekonomi digital. Wilayah ini memiliki lebih dari 640 juta penduduk dan 480 juta pengguna internet. Pertumbuhan ekonomi digital ASEAN mencapai 6% setiap tahunnya, yang membuat ASEAN semakin penting dan progresif. Nezar menjelaskan bahwa Indonesia berperan sebagai pusat pertumbuhan dalam konteks ini, menjadi episentrum bagi perkembangan ekonomi digital di wilayah ASEAN.

Sulut Viral Grup