Berita

VIRAL! Indonesia Terima 80 Permintaan Pertemuan Bilateral Menyambut Sidang Majelis Umum PBB.

40
×

VIRAL! Indonesia Terima 80 Permintaan Pertemuan Bilateral Menyambut Sidang Majelis Umum PBB.

Share this article
KTT SDGs di New York sebelum Sidang Majelis Umum PBB 2023.
KTT SDGs di New York sebelum Sidang Majelis Umum PBB 2023.

SULUTVIRAL.COM – Di New York, Indonesia semakin penting di mata banyak negara di dunia. Buktinya, banyak negara yang ingin bertemu dengan Indonesia sebelum Sidang Majelis Umum PBB tahun ini.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwa hingga saat ini, Indonesia telah menerima sekitar 80 permintaan untuk pertemuan bilateral. Namun, tidak mungkin melakukan semua pertemuan tersebut, dan perkiraan mereka adalah sekitar 40-50 pertemuan yang mungkin dilakukan.

Baru-baru ini, Menlu Retno telah melakukan 11 pertemuan di Konferensi Tingkat Tinggi Sustainable Development Goals (SDGs Summit) di New York, Amerika Serikat. Pertemuan tersebut termasuk pertemuan dengan pejabat dari berbagai negara seperti Palau, Slovakia, Amerika Serikat, Saint Lucia, Maldives, Palestina, Thailand, Timor Leste, Republik Kongo, dan Kazakhstan.

Selama pertemuan KTT SDGs, Menlu Retno juga mengumumkan bahwa Indonesia telah mencapai 63 persen dari indikator Pembangunan Berkelanjutan, meskipun masih ada kesenjangan pembangunan yang tinggi di tingkat regional. Adapun untuk indikator SDGs global, pencapaian yang sesuai dengan target baru sekitar 12 persen.

Menlu Retno juga menekankan komitmen ASEAN dalam mencapai SDGs dan bahwa upaya ini selaras dengan visi ASEAN untuk tahun 2025 dan 2045.

Sulut Viral Grup