BeritaSulut

VIRAL! Gelombang Tinggi di Perairan Sulut hingga 9 September

53
×

VIRAL! Gelombang Tinggi di Perairan Sulut hingga 9 September

Share this article
Ilustrasi Gelombang.
Ilustrasi Gelombang.

SULUTVIRAL.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan penduduk untuk berhati-hati karena gelombang setinggi 2,5 meter diperkirakan akan menerjang perairan kepulauan di Sulawesi Utara dan sekitarnya.

Menurut BMKG, peringatan ini berlaku hingga 9 September 2023. Ricky D Aror, Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Bitung, menjelaskan bahwa arah angin umumnya akan bertiup dari tenggara-barat daya dengan kecepatan antara enam hingga 20 knot. Oleh karena itu, warga yang berencana melakukan aktivitas di perairan dengan tinggi gelombang tersebut diharapkan untuk lebih berhati-hati.

Diketahui bahwa tinggi gelombang dapat mencapai antara 1,25 meter hingga 2,5 meter di perairan Kabupaten Kepulauan Siau-Tagulandang-Biaro (Sitaro), Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulauan Sangihe, perairan Bitung-Likupang, dan Laut Maluku bagian utara.

Untuk keselamatan pelayaran, BMKG sangat menyarankan agar perahu nelayan memperhatikan kecepatan angin yang melebihi 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter. Kapal tongkang sebaiknya memperhatikan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang 1,5 meter, sementara kapal feri harus ekstra waspada jika kecepatan angin melebihi 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Untuk kapal kategori besar, BMKG sangat menyarankan agar mereka memperhatikan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter demi keselamatan semua pihak. Semoga informasi ini membantu warga dan pelaut menjaga keselamatan mereka di perairan Sulawesi Utara.

Sulut Viral Grup