BeritaSulut

VIRAL! Peringatkan Ketinggian Gelombang di Perairan Sulut hingga 8 Oktober

38
×

VIRAL! Peringatkan Ketinggian Gelombang di Perairan Sulut hingga 8 Oktober

Share this article
Ilustrasi.
Ilustrasi.

SULUTVIRAL.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan kepada penduduk agar waspada terhadap gelombang tinggi di wilayah perairan Sulawesi Utara (Sulut) dan sekitarnya.

Menurut Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Maritim Bitung, Ricky D Aror, gelombang tinggi dengan ketinggian antara 1,25 meter hingga 2,5 meter diperkirakan akan berlangsung hingga tanggal 8 Oktober 2023. Biasanya, angin bertiup dari arah tenggara-barat daya dengan kecepatan berkisar antara delapan knot hingga 20 knot. Prediksi gelombang tinggi ini mencakup perairan timur Kabupaten Kepulauan Siau-Tagulandang-Biaro (Sitaro), perairan timur Bitung-Likupang, perairan selatan Kabupaten Kepulauan Talaud, dan Laut Maluku bagian utara.

Ricky D Aror mengimbau warga untuk memperhatikan peringatan dini mengenai gelombang tinggi ini, terutama jika mereka beraktivitas di laut, dan juga untuk memperhatikan risiko keamanan pelayaran. Dia memberikan rekomendasi berdasarkan jenis kapal, seperti perahu nelayan yang sebaiknya menghindari kecepatan angin lebih dari 15 knot dan gelombang di atas 1,25 meter. Kapal tongkang sebaiknya waspada saat angin mencapai lebih dari 16 knot dan gelombang setinggi 1,5 meter, sedangkan kapal feri perlu berhati-hati jika angin melebihi 21 knot dan gelombang lebih dari 2,5 meter. Kapal besar harus sangat berhati-hati jika angin melebihi 27 knot dan gelombang lebih dari 4,0 meter.

Demikianlah peringatan dari BMKG terkait gelombang tinggi di perairan Sulawesi Utara dan sekitarnya yang perlu diwaspadai.

Sulut Viral Grup