Berita

VIRAL! Orang No.2 AS di RI dan Sorotan Janji Dana Rp300 Triliun

47
×

VIRAL! Orang No.2 AS di RI dan Sorotan Janji Dana Rp300 Triliun

Share this article
FOTO/ZABUR KARURU
FOTO/ZABUR KARURU

SULUTVIRAL.COM – Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris, bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo di Jakarta Convention Center pada tanggal 6 September 2023. Pertemuan ini terjadi sebelum Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN – Amerika Serikat ke-43 di Jakarta Convention Center.

Dalam pidatonya, Kamala Harris berbicara tentang kerja sama antara Amerika Serikat dan negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Mereka berusaha untuk memperkuat hubungan mereka bersama dengan fokus pada pertumbuhan ekonomi. Pada tahun sebelumnya, mereka meluncurkan Just Energy Transition Partnership (JETP) dengan dana sekitar 300 triliun rupiah. Program ini bertujuan mengurangi emisi global, mempercepat peralihan ke energi yang lebih ramah lingkungan, dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, Kamala Harris juga menyebutkan bahwa mereka telah meluncurkan program Millennium Challenge Corporation senilai sekitar 698 juta dolar untuk membangun infrastruktur yang berkelanjutan. Mereka juga berharap untuk meningkatkan kerja sama bisnis dan ekonomi di wilayah Indo-Pasifik.

Di bidang keamanan, Amerika Serikat juga ingin meningkatkan kemitraan pertahanan dengan Indonesia, termasuk mendukung Badan Keamanan Laut (Bakamla) dan mematuhi peraturan internasional terkait ruang angkasa.

Selain itu, Presiden Joe Biden telah berkomitmen bersama negara-negara G7 dan Jepang untuk mendanai sekitar 311 triliun rupiah guna mempercepat peralihan energi di Indonesia melalui Just Energy Transition Partnership (JETP). Komitmen ini diumumkan dalam Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali pada tanggal 15 November 2022.

Sulut Viral Grup