BeritaNasional

VIRAL! 45% Perdagangan Laut Dunia Melintasi RI: Potensi Kemakmuran

38
×

VIRAL! 45% Perdagangan Laut Dunia Melintasi RI: Potensi Kemakmuran

Share this article
Kapal Tangker Minyak Nusa Kembangan.
Kapal Tangker Minyak Nusa Kembangan.

SULUTVIRAL.COM – Pemerintah mengklaim bahwa sekitar 45% dari perdagangan laut dunia melintasi perairan Indonesia. Menurut Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, hal ini seharusnya menjadi peluang besar bagi Indonesia untuk mencapai kemakmuran.

Dalam acara Marine Spatial Planning & Services Expo 2023, Luhut mengungkapkan fakta ini dan menyatakan bahwa Indonesia memiliki potensi besar yang sering kali tidak disadari oleh masyarakatnya. Dia menekankan bahwa Indonesia adalah negara yang kuat dan layak mendapatkan pengakuan sebagai negara kelas satu.

Luhut juga menyebutkan berbagai potensi maritim Indonesia, termasuk keanekaragaman hayati laut, produksi budidaya laut, perikanan lestari, serta fakta bahwa 45% perdagangan dunia dikirim melalui laut Indonesia. Potensi ini, menurutnya, belum sepenuhnya dimanfaatkan.

Dengan 75% wilayah Indonesia yang merupakan laut, pulau-pulau, dan garis pantai yang sangat panjang, Indonesia memiliki banyak harta karun maritim yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran negara ini.

Sulut Viral Grup