BeritaNasional

VIRAL! Presiden Jokowi Ajak Warga Indonesia Bangga pada Batik

34
×

VIRAL! Presiden Jokowi Ajak Warga Indonesia Bangga pada Batik

Share this article
Presiden Jokowi berbicara dalam "Istana Berbatik" di Istana Merdeka Jakarta pada Minggu malam.
Presiden Jokowi berbicara dalam "Istana Berbatik" di Istana Merdeka Jakarta pada Minggu malam.

SULUTVIRAL.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk merasa bangga terhadap batik sebagai bagian dari warisan budaya nasional.

Dalam acara “Istana Berbatik” yang diadakan di halaman Istana Merdeka Jakarta untuk memperingati Hari Batik Nasional pada 2 Oktober, Jokowi juga mendorong agar masyarakat berperan aktif dalam melestarikan dan mengembangkan batik.

“Istana Berbatik” adalah sebuah pergelaran busana yang menampilkan beragam batik Nusantara dengan makna filosofis dan keindahannya yang tak tergantikan. Acara ini merupakan inisiatif dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menurut Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesodibjo, pergelaran ini memungkinkan masyarakat melihat bagaimana batik telah menjadi bagian integral dalam kehidupan masyarakat Indonesia, dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Acara tersebut melibatkan 503 peraga istimewa, termasuk perwakilan dari berbagai kerajaan di Nusantara, UMKM yang didukung oleh Bank Indonesia dan BRI, serta desain batik dari para perancang busana Indonesia. Selain pergelaran busana, acara ini juga menampilkan seni tari dan pameran UMKM batik.

Dengan “Istana Berbatik,” diharapkan batik, sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia, akan semakin digemari, dikreasikan, dan dipakai secara luas, sehingga tetap lestari dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Sulut Viral Grup