BeritaNasional

VIRAL! Surabaya Berada dalam 10 Kota dengan Kualitas Udara Terbaik di Indonesia Diikuti oleh Kupang dan Manado

38
×

VIRAL! Surabaya Berada dalam 10 Kota dengan Kualitas Udara Terbaik di Indonesia Diikuti oleh Kupang dan Manado

Share this article

SULUTVIRAL.COM – Kota Surabaya di Jawa Timur telah meraih posisi dalam 10 besar kota dengan kualitas udara terbaik di Indonesia berdasarkan data indeks kualitas udara (IKU) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI). Pada Senin (11/9), Surabaya memiliki skor IKU sebesar 23, menunjukkan kualitas udara yang baik dengan kadar polutan yang sangat rendah.

Selanjutnya, Semarang berada di posisi kedua dengan IKU 27, diikuti oleh Jayapura di posisi ketiga dengan IKU 29. Pada Selasa (12/9), Surabaya naik ke peringkat kedua dengan skor 28, sementara Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), menduduki peringkat pertama dengan skor 21, dan Manado, Sulawesi Utara, di peringkat ketiga dengan skor 35.

Kualitas udara yang baik di Surabaya merupakan hasil dari upaya menjaga lingkungan, termasuk dengan memperluas ruang terbuka hijau (RTH) dan meningkatkan uji emisi kendaraan bermotor. Pemerintah kota juga berencana mengatur waktu berhenti di lampu lalu lintas untuk mengurangi polusi udara.

Wali Kota Eri Cahyadi mengamati bahwa ada rotasi waktu mobilitas masyarakat di Surabaya, yang membantu menghindari penumpukan kendaraan di jalan. Dia juga mengajak perusahaan-perusahaan di Surabaya untuk melakukan rotasi pegawai agar mereka dapat bekerja di tempat yang lebih dekat dengan rumah, sehingga dapat menjaga lingkungan dengan lebih baik.

Sulut Viral Grup