BeritaPariwisata

VIRAL! Traveloka Mendukung Pemulihan Pariwisata Indonesia

38
×

VIRAL! Traveloka Mendukung Pemulihan Pariwisata Indonesia

Share this article
Ilustrasi Pariwisata Indonesia.
Ilustrasi Pariwisata Indonesia.

SULUTVIRAL.COM – Hasil studi yang dilakukan oleh PwC menunjukkan bahwa platform perjalanan Traveloka berperan dalam mendukung perekonomian dan industri pariwisata di Indonesia, terutama setelah pandemi.

Direktur PwC Indonesia, Julian Smith, mengungkapkan bahwa studi ini mengidentifikasi efek berantai yang signifikan yang dihasilkan oleh Traveloka terhadap berbagai sektor di Indonesia dan Asia Tenggara. Studi ini juga menyoroti hubungan simbiosis antara Traveloka dan ekonomi, yang telah mendorong pertumbuhan dan inovasi dalam situasi yang penuh tantangan.

Hasil studi PwC juga mengungkapkan bahwa Traveloka telah memberikan kontribusi sekitar USD10 miliar (Rp153,8 triliun) terhadap PDB Indonesia selama periode 2019-2022, setara dengan menciptakan lebih dari 360 ribu lapangan kerja setiap tahunnya. Sebagian besar kontribusi ini berasal dari sektor pariwisata, yang menyumbang 2,7 persen dari PDB.

Selain itu, Traveloka memberikan dampak positif pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dengan sebagian besar mitra Traveloka melaporkan bahwa platform ini telah membantu mereka memperluas jangkauan konsumen dan meningkatkan pendapatan mereka.

Traveloka juga telah mendukung promosi budaya dan pariwisata domestik serta membantu bisnis dalam mempromosikan produk dan layanan mereka. Selain itu, ada perubahan dalam kebiasaan pelaku perjalanan pascapandemi, termasuk preferensi untuk perjalanan dalam kelompok yang lebih kecil dan peningkatan jumlah wisatawan perempuan dan generasi Z yang mencari inspirasi dari media sosial.

Pengguna Traveloka di Indonesia juga menunjukkan dukungan terhadap keberlanjutan, dengan sebagian besar dari mereka menghargai opsi untuk mengimbangi jejak karbon mereka saat memesan penerbangan. Mereka juga lebih cenderung memilih akomodasi yang menerapkan praktik keberlanjutan.

President Traveloka, Caesar Indra, menegaskan komitmen Traveloka untuk terus berinovasi dan memberikan dampak positif di pasar Indonesia, terutama dalam sektor perjalanan dan pariwisata. Traveloka juga fokus pada pengembangan teknologi yang berkelanjutan, komunitas, dan industri pariwisata yang lebih ramah lingkungan di semua negara di mana mereka beroperasi.

Sulut Viral Grup