BisnisSulut

VIRAL! Wamendag Jerry Sambuaga Bawa Pembeli Malaysia untuk UMKM Sulut

48
×

VIRAL! Wamendag Jerry Sambuaga Bawa Pembeli Malaysia untuk UMKM Sulut

Share this article
Pelaksanaan aktivitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Manado.
Pelaksanaan aktivitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Manado.

SULUTVIRAL.COM – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Jerry Sambuaga, menggelar “Export Coaching Program” (ECP) di Hotel Best Western, Kota Manado, pada tanggal 18-19 September 2023, yang telah berhasil mendatangkan pembeli ke Sulawesi Utara.

Iera Khairani, seorang pelatih senior yang ditunjuk oleh Kementerian Perdagangan RI, menjelaskan bahwa ECP adalah program pendampingan yang bertujuan untuk mempersiapkan pelaku usaha dalam ekspor. Program ini telah berlangsung selama dua tahun di Sulut dan telah mencapai Angkatan ke-2.

Dalam tahap pendampingan saat ini, yang dikenal sebagai Business Matching (BM), peserta program diberikan bimbingan untuk memasarkan produk mereka kepada calon pembeli. Bahkan, pembeli dari Kuala Lumpur, Khairish Hashim, datang langsung untuk berpartisipasi. Ia sangat tertarik dengan berbagai produk yang dipresentasikan oleh peserta ECP dan mengakui bahwa kemasan produk-produk tersebut sudah bagus.

Atase Perdagangan RI untuk Malaysia, Deden Muhammad Fajar, menjelaskan bahwa inisiatif untuk mendatangkan pembeli dari Malaysia ini dilakukan atas permintaan Jerry Sambuaga, yang sangat peduli terhadap kemajuan daerah asalnya. Program ECP kali ini diikuti oleh sejumlah pelaku UMKM dan dipantau secara virtual oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut beserta stafnya.

Deden juga mengungkapkan bahwa perwakilan perdagangan Indonesia di luar negeri siap membantu memfasilitasi penjajakan bisnis (business matching) bagi UMKM yang belum menemukan pasar yang tepat. Selain itu, Kementerian Perdagangan juga menyediakan program pendampingan ekspor (export coaching program) bagi mereka yang ingin memulai ekspor.

Jerry Sambuaga, dalam sambutannya, mengajak pelaku UMKM untuk memanfaatkan fasilitasi yang disediakan oleh Kementerian Perdagangan. Dia juga mengingatkan pentingnya menggunakan produk dalam negeri dan mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Sulut Viral Grup